Minggu, 26 Agustus 2007

Belajar Bareng C++ Yuuk!!

"The evolution of languages: FORTRAN is a non-typed language. C is a weakly typed language. Ada is a strongly typed language. C++ is a strongly hyped language."

Ron Sercely

Beberapa minggu yang lalu, gw memutuskan untuk belajar bahasa pemrograman C++! Emang sih kayaknya susah, tapi keknya menantang gitu deeh... Gw nulis tutorial gini, bukan berarti gw lebih jago. Justru gw bikin tutorial supaya gw lebih mudah ngingetnya! Karena gw kalo belajar lebih gampang + lebih lama inget kalo ditulis :)

Tentang C++

C++ (cara menyebut: "see plus plus") atau adalah salah satu bahasa pemrograman yang memiliki kapasitas pemrograman tingkat tinggi (High-level programming language) dan tingkat rendah (Low-level programming language). Oleh karena itu, C++ digolongkan kedalam bahasa pemrograman tingkat menengah (mid-level language).

Sejarah C++

Kalo lo merasa gak suka dengan sejarah, mending bagian ini di lewatin aja deh. Tapi inget, jarang lho orang yang jago dalam suatu bidang tanpa mengetahui sejarah disiplin ilmu yang dianut . Langsung aja yah, C++ merupakan bahasa pemrograman hasil dari pengembangan dari bahasa pendahulunya yaitu bahasa C. Bjarne Stroustrup, pencipta bahasa C++, mulai mengerjakan bahasa C dengan Kelas (C with Classes) pada tahun 1979. Ide awalnya ditemukan ketika mengerjakan thesis kuliah Ph.D-nya. Stroustrup menemukan kalo bahasa Simula memiliki feature yang amat membantu dalam pengembangan software dalam sekala yang besar, tapi gwngnya bahasa tersebut terlalu lambat untuk penggunaan praktik. Sedangkan BCPL (Basic Combined Programming Language), cukup cepat. Namun terlalu lambat untuk pengembangan software dalam skala yang besar. Bahasa BCPL sendiri merupakan (kalo menurut gw lho ) "nenek moyang" dari bahasa C++ karena merupakan pendahulu dari bahasa C.

Untuk sementara kita kembali dahulu ke tahun 1969, dimana labolatorium Bell AT&T di Muray Hill, New Jersey mengembangkan sistem operasi UNIX menggunakan bahasa assembly. Operasi ini diharapkan dapat bersifat "programmer-friendly". Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson, seorang pengembang di labolatorium tersebut, pada tahun 1970 mengembangkan bahasa baru yaitu BCPL (yang sudah disebutkan diatas). Bahasa BCPL atau bahasa B ini memilki beberapa kelemahan yaitu amat terbatas dan lambat sehingga kurang cocok untuk pengembangan sistem operasi.

Itulah kenapa pada tahun 1971, Denis Ritchie seorang pengembang dari labolatorium yang sama mulai mengembangkan bahasa baru yang akhirnya disebut bahasa C.

Dan pada tahun 1973, Denis Ritchie, telah mengembangkan dasar-dasar dari bahasa C. Hingga pada tahun 1979 Bjarne Stroustrup, dari labolatorium yang sama mulai mengembangkan bahasa C++ karena alasan yang sudah disebutkan diatas.

Menginstall Compiler

Mungkin Sebagian dari kalian akan nanya, Compiler itu apa sih? Sekali lagi nyontek definisi dari wikipedia (nyontek mulu kapan pinternya donk? ). Kompiler adalah:
"Sebuah Compiler adalah sebuah program komputer (atau kumpulan program) yang menerjemahkan text yang tertulis pada sebuah bahasa pemograman (source code) ke bahasa pemograman lainnya."

Yah, kalo menurut definisi gw sih compiler itu program yang membuat bahasa baris-baris kode yang udah kita tulis menjadi file executable (ga mesti file EXE sih). Daripada lama-lama kita langsung aja install yuuuk!! Oh iya, kita akan menggunakan compiler Dev-CPP, soalnya GRATIS (sapa coba yang ga suka gratisan???)

1. Pertama2 kita download dolo neh compiler (yang terbaru klo ver 5 beta) DISINI.

2. Setelah di download, akan ada icon seperti INI.

3. Nanti setelah dipencet, akan ada tulisan kurang lebih kayak GINI. Kalo lo ngerasa belum pernah nginstall compiler ini, santai aja, itu cuma peringatan bagi yang udah install doang kok. Terus kalo ada pilihan bahasa, pilih bahasa "english" abis itu ok.

4. Nanti bakalan keluar Licence Agreement, lo baca dulu tuh (kalo gw sih males) kalo setuju, pilih "I agree".

5. Nah di Choose Components lo pilih ke typical, tapi kalo mau lebih lengkap pilih aja yang full. Kalo udah pencet "Next".

6. Abis itu lo pilih, di directory mana lo mau install Dev-CPP ini. Kalau sudah pencet "Install".

7. Tungguin deh tuh lagi install

8. Kalo udah selesai, pencet "Finish".

9. Abis itu lo pilih mau setingan mana, terus pencet "Next".

10. ntar kalo ada pertanyaan soal feature, pilih ajah "Yes, i want to use this feature" abis itu pijit next. sama kalo ada pertanyaan soal cache, pilih yes juga, abis itu next.

11. SELAMAT!! lo berhasil menginstall Dev-CPP, hehehe...

Bersambung...

4 komentar:

humanity mengatakan...

Assalamualaikum
Permisi, saya sedang akan belajar pemrograman, tiba2 bertemu pertanyaan2 seperti itu, Insya Allah saya coba jawab

Apa Tuhan Ada?

Anda ada atau tidak? Jika ada, siapa yang ciptakan Anda?
Apa Anda percaya semua ini kebetulan? Berarti Anda percaya jika ada angin tornado yang melewati tumpukan besi bisa membuat Boeing-737?

Mengapa menciptakan manusia dan kehidupan lain? bukankah Dia Maha Segalanya?
Ya, termasuk Maha Pencipta, Maha Kuasa, Maha Adil, Maha Cerdas, Maha Pengasih dan Penyayang, dan Asmaul Husna lain...
Gimana bisa dibilang Maha Pencipta kalo gag ada ciptaanya? Gimana bisa dibilang Maha Kuasa kalo ga ada yang dikuasai (ciptaannya)? Gimana bisa Maha Pengasih, Pemurah dan Penyayang kalo gag ada yang disayang (termasuk Anda), dan lain-lain. TAPI INGAT, tetap Allah tidak rugi jika ada hambaNya yang membangkang, tidak rugi jika pembangkang2 itu dimasukkan ke neraka...

Apa Islam benar?
Saya sebagai muslim akan menjawab YA, tapi jika Anda tanyakan pada orang2 yang benci Islam, mereka akan jawab TIDAK plus alasan2 tidak logis yang bermaksud mencegah Anda mendapat hidayah dari Allah, cobalah buka www.thisistruth.com, atau www.irf.net, atau konsultasilah pada orang2 seperti H.Irena Handono atau ustadz2 terpercaya lainnya...
Terima kasih

Wassalamualaikum

Unknown mengatakan...

gue bingung ni halaman ngomongnya ngajak belajar bareng C++, tapi ada humanity berkata masalah tuhan tu ada apa enggak, kok jadi ngaco shih....

setau gua tuhan tu ga bisa nyiptain manusia yang bisa nyiptain manusia tu ALLAH/HALIQ, gomong aja lu ga bener tapi pake komentar segala, ALLAH TU bukan tuhan dan tuhan tu bukan ALLAH, masalahnya lu paham bahasa kaga...? kalo ALLAH TU GA BISA DIARTIIN TUHAN, ALLAH TU NAMA dari sang yang pencipta artinya lo nama to udah personal name nama dari sesuatu ga bisa diartiin yang lain, contoh misalnya nama lu si AHMAD,emang ahmad itu secara translit bahasa ke indonesia itu artinya bisa baik,terpuji dan ada lain lagi,tapi lo nama lu si ahmad sementara ada artinya secara translit bahasa tu baik/terpuji, emang lo mau dipanggil si baik/si terpuji, pasti lo kan ga nyaut.

lagian jaman udah berabad-abad lu masih membahas tuhan tu ada apa kaga, bukan orang lo...!

mendingan lu kasi komentar yang sesuai judul yaitu belajar bareng C++. lo masalah tuahan tu ada apa kaga itu urusan gue ame DIA, LO NYAHOKAN!?

af.purnama mengatakan...

untuk mendapatkan contoh-contoh program sederhana dalam bahasa c, bisa didownload di http://gratis-c-code.blogspot.com/
hehe...bravo C!!!

Computer In the World mengatakan...

Ya Sumpah!!! Gw Juga Bingung???
APa Hubungannnya Kaleeee... Allah SWT Yang Mencipta Semuaannya dan Kita Sebagai Manusia Harus Memanfaatkan Segala apa yang ada di muka bumi,Baik Untuk Kedepannya... Dia Pintar ,Hebat dan Cerdas Bukan Karena Allah , Karena ,Bagaimana Kita mau berusaha Untuk Memotivasikan dirinnya sendiri Untuk Kedepannya .. Di Ibaratkan Andi Mengasih 1 Bungkus Kopi, Gula, Gelas ,sendok dan Air Panas , Nahh Gmana Kita cara mengolah bahan itu agar Lebih Baik.... Sperti Pencipta Bahasa C++, DIa Bisa Karna Dia ada , Coba Gak ada dia ...??? Mana ada Bahasa C++ .... ALlah Sudah Mengatur semuannya ... Dia Jahat atau Baik Di Bisa mengatasinya dirinnya sendiri .... Ok Ini pendapat Orang Yang Bisa Menghargai Dirinnya sendiri dan jangan terlalu Fanatik Pada Orang Lain Karna dapat berdampak Buruk Kedepannya!!!! Thankssssss