Selasa, 28 Agustus 2007

Pencarian Jati Diri

"Doubt everything. Find your own light."
Gautama Buddha

Udah lewat sekitar setahun semenjak gw pertama kali mulai mencari mengenai "Tuhan". Gw sendiri ngerasa wajar soal ini. Mengingat gw juga masih dalam masa pancaroba atau masa pencarian jati diri. Pertama kali gw mulai mempertanyakan keberadaan tentang Tuhan, mungkin karena gw nonton sebuah film anime yang judulnya EVANGELION. Disitu plot ceritanya kental dengan Tuhan, Manusia, Penghianatan, dan Pemberontakan. Setelah nonton anime itu, gw langsung masuk ke forum kaskus, dan masuk kebagian fight club. Dimana disana orang bisa menggunakan hak free speech-nya seenak jidat.

Untuk pertama kalinya gw kaget! Ternyata begitu luasnya dunia ini dengan berbagai macam perbedaan opini antar manusia. Banyak hal-hal yang belom pernah terpikirkan oleh gw sebelumnya. Dari paham Atheis, Agnostik, Budha, kristen, dan agama gw sendiri yaitu Islam. Gw dan temen sebangku gw, Ade, Banyak ngabisin waktu dengan diskusi soal agama. Dan terus terang, saat itu gw pusing. Pusing menentukan jalan gw sendiri. Gw ngerasa semua agama itu benar! Mirip konsep pluralis.

Semakin banyak diskusi bersama Bheler, Iir, Hamdi, Guru LIA Mr.Andy, dan yang paling sering yaitu Ade. Semakin banyak pertanyaan yang ada di otak gw. Beberapa pertanyaan yang pernah masuk kedalam otak gw:

  1. Apakah Tuhan itu ada?
  2. Kenapa kalo Tuhan itu maha segala-galanya dan tidak memerlukan manusia dan kehidupan lainnnya. Kenapa Tuhan menciptakannya? Apakah Tuhan lagi bosen? Ato iseng? Haha.. Manusiawi banget dong?
  3. Apa gw memilih agama yang paling bener? Gimana kalo waktu gw nanti wafat ternyata agama gw itu salah? Padahal hidup itu cuma satu kali.
Masih banyak pertanyaan lainnya yang hampir setiap hari bikin gw gila. Gw pun berbicara tentang konsep-konsep agama lain dan kebimbangan gw selama ini. Alhasil gw disebut yang aneh-aneh sama temen-temen gw (kecuali temen deket, karena mereka selairan). Apalagi sekarang gw udah biasa banget dipanggil ATHEIS! Grrr... Gw kesel karena mereka ngerasa mereka jauh lebih baik daripada gw. Menerima apa adanya atas agama yang udah ditentukan ke diri mereka. Apa yang bisa dibanggakan kalo kek gitu? Bukannya jalan menuju kebenaran itu proses pencaharian tanpa akhir? Untuk saat ini, gw masih memeluk agama gw sekarang, yaitu Islam. Karena masih ada beberapa aspek yang masuk akal menurut gw.

Yah, emang sih tolak ukur gw itu masih "akal". Untuk memahami hal-hal filosofis dan agama yang merupakan subjek tingkat tinggi. Gw rasa gw masih seorang anak kemaren sore yang gampang tersesat. Dengan blogging entry ini, tanpa mempedulikan kepercayaan lo (yang baca entry ini). Gw berharap semua mulai mempertanyakan jadi dirinya. Apakah jalan lo udah bener? Dan gw rasa hal-hal seperti ini perlu dilakukan. Mengingat hidup cuma satu kali, dan tidak ada kesempatan untuk mengulangnya (kecuali kalo lo agama budha yang percaya akan Reinkarnasi).

1 komentar:

humanity mengatakan...

humanity mengatakan... Assalamualaikum
Permisi, saya sedang akan belajar pemrograman, tiba2 bertemu pertanyaan2 seperti itu, Insya Allah saya coba jawab

Apa Tuhan Ada?

Anda ada atau tidak? Jika ada, siapa yang ciptakan Anda?
Apa Anda percaya semua ini kebetulan? Berarti Anda percaya jika ada angin tornado yang melewati tumpukan besi bisa membuat Boeing-737?

Mengapa menciptakan manusia dan kehidupan lain? bukankah Dia Maha Segalanya?
Ya, termasuk Maha Pencipta, Maha Kuasa, Maha Adil, Maha Cerdas, Maha Pengasih dan Penyayang, dan Asmaul Husna lain...
Gimana bisa dibilang Maha Pencipta kalo gag ada ciptaanya? Gimana bisa dibilang Maha Kuasa kalo ga ada yang dikuasai (ciptaannya)? Gimana bisa Maha Pengasih, Pemurah dan Penyayang kalo gag ada yang disayang (termasuk Anda), dan lain-lain. TAPI INGAT, tetap Allah tidak rugi jika ada hambaNya yang membangkang, tidak rugi jika pembangkang2 itu dimasukkan ke neraka...

Apa Islam benar?
Saya sebagai muslim akan menjawab YA, tapi jika Anda tanyakan pada orang2 yang benci Islam, mereka akan jawab TIDAK plus alasan2 tidak logis yang bermaksud mencegah Anda mendapat hidayah dari Allah, cobalah buka www.thisistruth.com, atau www.irf.net, atau konsultasilah pada orang2 seperti H.Irena Handono atau ustadz2 terpercaya lainnya...
Terima kasih

Wassalamualaikum
2008